TwitterFacebookGoogle+

Menikah karena Diperkosa Suami

Ketika saya berusia 18 tahun saya bertemu dengan seorang pria di tempat kursus sebut saja pria itu 'y'. Y 15 tahun lebih tua dari saya. Sejak pertama kali bertemu, y sudah menunjuk ketertarikannya kep…

01 Feb 2018 Konsultasi Pernikahan dan Keluarga Sayed Muhammad No comments

Ingin Bercerai

Saya ibu dengan 3 anak, putra (12 Th), putri (8 th), putra (2 th). Rumah tangga saya sudah 14 tahun, awalnya saya dan suami menikah dengan kondisi tidak bekerja, dan saya menerimanya karena saya menci…

06 Jan 2018 Konsultasi Pernikahan dan Keluarga Sayed Muhammad No comments

Hidup dibawah Kekerasan Suami

Selamat siang pak sayed, sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas bantuan konseling dari bapak, saya sudah mencari topik permasalah rumah tangga namun belum ada yg sesuai Perkenalkan saya wanita, …

01 Jan 2018 Konsultasi Pernikahan dan Keluarga Sayed Muhammad No comments

File April - 2015

Anda dapat mengechek konsultasi yang Anda kirim tidak dijawab oleh konselor karena pokok permasalahan sama, tidak dapat dimengerti atau hal lainnya, silahkan melakukan searchi…

02 Oct 2015 Lain-lain adminpd No comments

Istri Boros

Hallo, Saya seorang suami dari 3 orang anak, sekarang sudah 8 tahun usia perkawinan kami. to the point ke permasalahan .. dari pertama pernikahan memasuki usia 3 bulan, saya sudah pesimis untuk bisa b…

30 Sep 2015 Konsultasi Pernikahan dan Keluarga Sayed Muhammad Comments (1)

Pasangan Menghabiskan Uang untuk Pesta Pernikahan

Langsung saja ya, sya mau nikah dan saya mempunyai kendala karna keterbatasan dana, akan tetapi pasangan saya tidak pernah mengerti, dia selalu ingin ini itu dari saya, saya minta pengertianya karna s…

30 Sep 2015 Konsultasi Pernikahan dan Keluarga Sayed Muhammad No comments

Adik Suka Membangkang

Ass. Saya perempuan usia 19 tahun. Saya mungkin bermasalah dengan emosi saya. Saya memiliki adik umur 10 tahun yang sulit diatur dan cenderung pembangkang, adik saya sempat 3 bulan tidak mau sekolah d…

25 Sep 2015 Konsultasi Remaja Reza Febyanti No comments

Menikah Pura-pura

Assalamualaikum Saya pria yg menikah yg usianya lebih muda beda 7 tahun dari istri saya. Saat ini usia pernikahan sudah mencapai 2 tahun. Dikarenakan pernikahan kami adalah karena perjodohan orang …

22 Sep 2015 Konsultasi Pernikahan dan Keluarga Sayed Muhammad Comments (1)

Curiga Istri Berselingkuh

Saya sudah menikah 7 tahun yang lalu. Saat ini Saya 38 dan istri 33 tahun. Saat menikah istri saya belum mendapat pekerjaan bagus spt saat ini. Setelah umur pernikahan 2 tahun istri saya diterima di s…

22 Sep 2015 Konsultasi Pernikahan dan Keluarga Sayed Muhammad No comments

Dari Mana Aku Harus Memulai Perbaikan Diri?

Aku, mahasiswa, 23 tahun, selalu merasa sendirian dan sendirian terus. Dari kecil ortu terutama ibu sangat protektif padaku. Sampai sekarang aku gak pernah merasa punya sahabat. Pengalaman pahit waktu…

09 Aug 2009 Konsultasi Kepribadian Fuad Nashori No comments

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
spaceatas

Orangtua Mata Duitan

200x200Pagi… Saya mau tanya bagaima sikap yg sebaiknya menghadapi orang tua yg terlalu mata duitan, terkadang saya bingung menghadapi mereka sementara hidup saya dan suami pas2an,… mana lagi tuk biaya anak2 akhirnya saya putuskan utk tidak menegur mereka walaupun hati saya tidak nyaman…

 

Manajer Keluarga – Medan

Salam Ibu,…

Mohon maaf, konsultasi Ibu terlambat kami jawab. Keterlambatan disebabkan karena minimnya informasi yang Ibu sampaikan sehingga perlu atau tidak konsultasi ini untuk dijawab, namun demikian karena konsultasi ini sifatnya unik dan merupakan hal yang baru dari konsultasi-konsultasi sebelumnya yang pernah masuk ke email kami, maka kami mempertimbangkan untuk dijawab.

Sayang sekali cerita Ibu sangat singkat perihal perilaku orangtua yang Ibu sebut “terlalu mata duitan”. Ada banyak sekali pertanyaan yang sebenarnya tidak tergambarkan secara jelas dalam konsultasi Ibu sehingga saya menduga-duga apa yang sebenarnya sedang terjadi dalam hubungan Ibu dengan orangtua. Seberapa sering orangtua Ibu meminta uang kepada Anda? Digunakan untuk keperluan apa sehingga Ibu harus terus meminta uang kepada Anda? Apakah orangtua hidup dalam kesendirian? Apakah orangtua Anda memiliki penghasilan sendiri atau ditopang oleh anak-anaknya? Sayang sekali informasi ini tidak ada dalam konsultasi Ibu.

Orangtua meminta uang kepada anaknya adalah hal yang lumrah terjadi, bagi mereka yang hidup dengan adat ketimuran hal ini dianggap sebagai bentuk balas budi kepada orangtua yang telah membesarkannya. Sehingga anak menjadikan sebuah tanggungjawab kelak untuk merawat orangtuanya ketika ia sudah memiliki penghasilan, mandiri atau sukses. Hal ini adalah sebuah konsekuensi yang logis karena ternyata sebagian anak masih tergantung pada orangtua ketika ia telah mencapai usia 16 tahun. Bahkan pada waktu tertentu dimana seharusnya anak sudah bisa terlepas dari orangtua masih memiliki keterikatan dan ketergantungan secara ekonomi, misalnya saja kuliah dengan biaya dari orangtua, kebutuhan sehari-hari masih ditopang oleh kiriman orangtua, bahkan orangtua juga harus andil membiayai pernikahan anaknya.

Beberapa orangtua kadang berkomunikasi dengan cara yang berbeda, bisa saja “uang” yang dimaksudkan orangtua pada kasus yang sedang Ibu alami sebenarnya adalah “perhatian”. Kenapa “perhatian” digantikan dengan “uang”? Orang usia lanjut memiliki problem psikologis yang kompleks, sehingga kadang kita kurang peka terhadap hal-hal seperti ini, misalnya saja orang usia lanjut memiliki problem kesehatan yang rentan, problem psikis akibat gangguan demensia dsb, dan tingkat stres yang tinggi akibat rasa kesepian dan ketakutan akan kematian. Bisa saja hal yang sebenarnya diminta orangtua Ibu tidak lain adalah perhatian kepada Beliau, uang hanya klise saja agar Ibu lebih sering mengunjungi atau memberi perhatian kepada mereka. Sebenarnya Ibulah yang lebih tahu masalah ini, jadi saya pikir Anda tidaklah perlu menjauhi mereka. Justru ibu perlu lebih sering mengunjungi mereka sesering mungkin. Bila tidak mampu memberikan uang, Ibu bisa memberikan “jasa” yang tidak bisa dihitung dengan uang sekalipun; menemani dan menghabiskan waktu bersama mereka secara tulus.

Salam, semoga bisa membantu.

 

Konselor :ayed

Sayed Muhammad adalah lulusan psikologi Universitas Islam Indonesia, ia adalah perintis dan penulis tetap di website ini.

 

3 comments

  1. Hana Reply

    Senang ya kalau orang yg punya ibu yg baik dan selalu doakan anaknya dr kecil sampai besar…pasti orang ini akan bkata2 yg baik ttg ibunya walaupun ibunya mata duitan! Tapi bagaimana kalau kamu punya ibu seperti ibu ku? Semasa saya masih kecil..saya tidak pernah dibelai2 oleh ibu saya…yg sy ingat ibu sy asyik mgandung dan melahirkan. Semuanya dibuat oleh nenek. Bapa sy pula kuat mabuk. Ya kami membesar tanpa kasih sayang… bayangkan selama sy hidup d rumah orang tua seingat sy belum pernah ibu saya buat sarapan utk kami adik beradik sebelum kami ke sekolah. Belum pernah ibu sy peluk dan cium dahi sy. Semasa sy remaja sy dibuli di sekolah tapi sy tidak bisa meluah pada ibu sy kerana ibu sy tidak pernh brtanya jika sy ada masalah. Saya sedih jika teringat semasa pertama kali sy datang haid..sy bingung tapi sy tidak bisa brtanya pada ibu atau kakak kerana kehidupan kami mmg begitu..bikin hal sendiri. Cara kami dibesarkan sangat pengaruhi kehidupan dewasa kami. Terus terang sy bicara…kami sekeluarga ya cuma bahagia di facebook. Apa yg dipapar dalam facebook itu palsu. Mesra bahagia di depan orang. Padahal kami d rumah tidak bahagia malah sebenarnya keluarga dysfunctional! Sekarang sy sudah kahwin…ibu sy selalu mengungkit tentang bapa sy dulu biayai persekolahan sy..ya utk buat sy rasa bsalah..sedangkn bapa sy yg bkerja bukan dia. Bapa tidak pernah bicara gitu. Walaupun bapa ku dulu pemabuk..tapi aku cukup senang dan hormar pd bapa ku. Aku sgt rimas dengan ibu kandung ku. Sekarang ini dia selalu aja marah2 kalau aku tidak mghubungi dia. Pasti dia akan brtanya pada suamiku kenapa ya si hana itu tidak pernah hubungi aku? Bagaimana aku mau selalu hubungi dia kalau dia asyik duit! Duit! Duit! Bila saya suda kirim duit baru dia akan berdoa rahmat segala utk saya! Berdoa juga cuma tulis di whatsapp selepas dikirimin duit. Ibu apa ini? Lebih baik jika dia doakan sy tanpa perlu beritahu saya dan walaupun sy tidak kirim uang tapi jelas ibu sy cuma akan doakan kami jika kami baru beritahu dia kami udah kirim wang ke akaunnya! Sekarang umurku suda 33. Setiap kali saya cuba utk brkongsi masala kewangan atau masala rumahtangga pada ibuku..dia tidak akan membalas. Seolah dia tidak mahu peduli. Dia cuma akan menjawab kalau aku beritahu dia aku suda kirimin wang. Saya sedih kerana sy punya ibu seperti ini. Ibu saya mata duitan… dia cuma mahu duit duit duit. No money no talk. Malah yg lagi myakitkn hati sy. Bila kita bagi duit..dia tidak bsyukur malah dia menekan saya belum bagi dia duit..dia seolah lupa apa yg sy suda buat utk dia.
    Saya tidak pernah minta hidup dan keluar dari rahim ibu ku.. kalau sy bisa memilih sy pasti minta jadi anak orang lain. Tapi Allah swt sudah takdirkan aku lahir dari rahim seorang ibu yg mata duitan. Maka semasa sy umrah baru2 ini.. sy brdoa di rumah Allah iaitu sy maafkan semua dosa ibuku terhadap kusebelum ini… TAPI SY MOHON PADA ALLAH SEKIRANYA AKU PULANG DARI UMROH..IBUKU MASIH MENYAKITKAN HATIKU AKU MOHON AGAR ALLAH BALAS PERBUATAN IBUKU AGAR DIA MERASA DAN SEDAR SILAPNYA. saya percaya ibuku akan hidup merana sehingga dia benar2 tua kerepot jika dia masih bertuhankan duit..malangnya cuma ibuku sendiri yg bisa mgubah dirinya. Wahai ibu terlalu banyak dosa mu terhadap kami adik beradik. Kau sibuk mengandung dan melahirkan 9 orang anak tapi tidak pernah mendidik kami… kau tidak pernah bertanya jika kami ada masalah…malah bila kami mahu meluah pada ibu ..kau tidak mahu mdengar dan mebalas… kau selalu mengumpat dan mburukkan anak kandungmu sendiri pada orang lain…kau ajar kami agar dengki pada sukses adik beradik sendiri…contohnya kini saya senang tapi ADIK BERADIK sy malah dengki pada sy sehingga bila sy bersanding kakak2 tidak mahu datang ke majlis kahwin sy kerana dulu kakak2 semuanya cuma kahwin koboi kerana tiada duit mahu buat majlis. Sedihkan keluarga ku? Saya ingat lagi semasa sy sambung belajar..selama 4 tahun sy buat degree..tidak pernah sekalipun kakak2 ku yg 3 orang itu telefon atau mesej bertanya khabarku…sedih ya? Tapi dalam facebook bukan main concern.. bahgia..mesra..caring tapi cuma Allah yg tahu kehidupan sebenar kami. Sekarang ini saya masih move on. Ibuku spt biasa masih GILA mata duitan. Adik beradik dan bapa spt biasa masih dysfunctional. Tapi sy redha. And I will survive insyaAllah. Kalau sy sayangkn Allah.. aku harus redha dan terus buat kebaikan pada org tua sekalipun ibu yg mata duitan kerana itu yg disampaikn oleh Rasulullah ya. Ada masanya syaitan akan membisik dan segala keburukan keluarga ku akan mjelma di fikiran tapi sy akan segera mgucap ‘La hawla wala quwata illah billah Hil Ilyl Azeem’….

    1. adminpd Reply

      Pelajaran terpenting adalah belajar memberi ketulusan, tangan terbaik adalah memberi bukan menerima, saya pikir Ibu adalah orang yang kuat menerima cobaan seperti ini, ketulusan akan membuat ibu semakin kuat sementara sebaliknya akan membuat Ibu menjadi lemah, stres, atau depresi sendiri. Dosa Ibunda adalah hubungannya dengan Tuhan, sementara dosa Ibu dengan Bunda semoga tidak menjadi penghalang semua kebaikan. Salam, terimakasih sudah berbagi kepada kami

  2. Lisa Reply

    pagi… saya mau nanya… bagaimana menurut anda jika saya sebagai seorang anak tp saya sudah bersuami… tp sejak saya menikah ayah saya mulai tdk suka terhadap kami brdua… nggak tau apa yg gak d sukainya krn ayah saya tdk pernah mw ngomong apa yg jd permslhanya. cuma ayah saya hanya diam dan menyindir bahkan sering ngejelek2kin suamiku.ayah saya sudah tdk memperdulikanku bahkn udah nggak mau nganggep aq anaknya.tp semua itu gra2 aku udah nggak pernah ngasih uang lagi.. apa itu salah ya… terus lama kelamaan semakin melunjak cacian srta hinaan tp itu semua ngomongya d belakang kami. tp kami dengar trus apa yg d omonginya sampai suamiku nggk tahan lg dia mngajak pulang kerumahnya.pas aq mw pulang kerumah suamiku ayahku tdk ada cuma ada ibu dan adikku. tp aq udah pamitan ama ibuku dan nyuruh bilang ke ayahku. tp mlah sebaliknya ayahku bilang ke semua org.entah tmenya apa ma tetangga kalo aq pulang nggak pamit. ya allah… aku sakit banget ngedengr smw itu tp aq dengernya dr orang lain. bahkan setelah aq di rmh suamiku aq msih kerumah org tuaku karna aq msih nganggep mereka org tuaku. tp sesampinya aq d sana hanya dapat cacian dan makian serta hinaan. aq d marahin dan d omelin gara2 aq katanya mempermalukan dia. tp ttep aja aq sebagai anak aq ttep mengunjungi org tuaku ,pernah suatu hari suamiku msuk rs aq pertama kali nelfon ayahku. tp gg di angkat2 sampae2aq tlfn paman aq suruh bilang ke ayahku, tp ayahku nggak njenguk sma sekali bahkan itupun berulan smpek 3kali. krn suaiku msuk rs sudah 3kali, stelah suamiku sembuh aq perg ke rmh ortuku,sampae sana aq tanya knpa qj tlfn nggk d angkt2,terus jwbnya berrputar2 bahkn ayah saya mnyalahknk, ktanya knapa aq tdk mmberi tau kerumah sja, trus klo aq pulang yg nungguin suamiku siapa, lalu ayah diam sj dn msih mnyalahknku.waktupun berlalu kejadianya trus menerus seperti itu .padahal aky udah minta maaf meskipun kami nggak slah, trus kalo kaaya gni trus aq harus ngelakuin apa coba aq bingung …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

supportbawah
logobawah

Disclaimer

konsultasi-icon

Konseling terbaik adalah dengan melakukan konseling langsung (tatap muka), konseling melalui email memiliki banyak kekurangan, kekurangan tersebut menjadi pertimbangan dari bias permasalahan yang oleh klien. Jawaban konselor tidak menjamin gambaran keseluruhan permasalahan yang dihadapi oleh klien karena keterbatasan halaman.

Categories

Konsultasi Terbaru

logobawah

 

 

artikel183 Post comment 303 Diskusi facebook 821 Likes tweet 24 Follower

Sebelum mengirim konsultasi sebaiknya melakukan pencarian pokok permasalahan yang sudah dibahas terlebih dahulu. Pikirdong tidak akan membahas atau menjawab konsultasi yang pernah dibahas. Terimakasih