TwitterFacebookGoogle+

Komunikasi Buruk Ingin Bercerai dengan Suami

Saya menikah tahun 2014 lalu. dengan pria pilihan saya. yg dulu sempat tidak direstui oleh ke dua orang tua saya. sejak awal menikah suami belum memberi saya nafkah (menurut saya). kita berdua sama2 k…

29 Apr 2018 Konsultasi Pernikahan dan Keluarga Sayed Muhammad Comments (1)

Jatuh Cinta dengan Rentang Usia 40 tahun

Saya Anes 19 thn, saya sudah melakukan kesalahan terbesar krn mencintai pria (59thn) beristri. Ini dimulai dari dia yang bnyk membantu saya di sekolah (saat sma) maupun diluar sekolah. Tanpa saya sada…

30 Mar 2018 Konsultasi Cinta Sayed Muhammad No comments

Istri Posesif dan Keinginan Seksual Suami yang 'Nyeleneh'

Dear Bp Sayed Muhammad. Belakangan ini sering timbul perdebatan antara sy & suami, perihal kategori sepele & tidak sepele. Sy sering x bingung, pa yg sebaiknya & seharusnya sy lakukan ? Se…

30 Mar 2018 Konsultasi Pernikahan dan Keluarga Sayed Muhammad No comments

Bertubuh Gemuk

Assalamualaikum, saya ingin menanyakan yang mungkin hal sepele tapi sangat mengganggu hati dan pikiran saya. Semua itu bermula karena fisik saya. Saya memang bertubuh besar, sementara di keluarga besa…

24 Mar 2018 Konsultasi Kepribadian Sayed Muhammad No comments

Suami Berselingkuh Berkali-kali

Dari 3 bulan menikah suami saya sudah berselingkuh. ketahuan melalui voice note. saya hamil 8 bulan suami saya masih berselingkuh. dan anak kdua umur 4 bulan suami saya kembali berselingkuh. dari semu…

20 Mar 2018 Konsultasi Pernikahan dan Keluarga Sayed Muhammad No comments

Tidak ada Motivasi untuk Hidup

Saya wanita 34 tahun, sudah menikah, anak 1, bekerja fulltime. Saya sdh menikah 8 tahun. Pernikahan saya hancur namun belum bercerai karena anak meminta kami tidak bercerai. Sudah 2 tahun saya dan sua…

20 Mar 2018 Konsultasi Pernikahan dan Keluarga Sayed Muhammad No comments

Suami Lebih Memilih Smartphone Dibandingkan Istri

Selamat sore bapak. Kami sudah menikah hampir 8tahun. 5 tahun dari perkawinan kami tinggal berjauhan (sy di Jakarta & punya Kerjaan di Jakarta sedang suami di tangsel). Suami sering minta sy untuk…

15 Mar 2018 Konsultasi Pernikahan dan Keluarga Sayed Muhammad No comments

Tidak Perawan Lagi

Selamat pagi mbak, saya merasa stress.. sebelumnya nama saya Aulya umur saya masih 16 tahun, saya jomblo juga hehehe, saya belum menikah dan belum pernah melakukan seks. Keinginan terbesar saya menika…

11 Mar 2018 Konsultasi Remaja Sayed Muhammad No comments

Muallaf Mengalami Kekerasan dari Suami

Assalamualaikum, Saya sudah menikah jalan 6 bulan. Suami saya 34 tahun, duda dgn 1 anak yang sampai sekarang masih ikut ibu kandungnya dan belum menikah lagi di Majalengka. Kami berdua bertemu di temp…

10 Mar 2018 Konsultasi Pernikahan dan Keluarga Sayed Muhammad No comments

Istri Selingkuh dan Menuntut Cerai

Saya (28) dan istri (22) saya menikah ketika istri saya sudah hamil 5 bulan. Kami sudah menjalani kehidupan rumah tangga selama 3 tahun dan baru dikaruniai satu anak yang saat ini usianya jalan 2 tahu…

08 Mar 2018 Konsultasi Pernikahan dan Keluarga Sayed Muhammad No comments

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
spaceatas

Bingung Setelah Putus Cinta

200x200Mba saya mau konseling, saya sama pacar saya sudah menjalin hubungan cinta selama 4,5 tahun. umur perbedaan kami hanya 1 thn. hubungan kami memiliki tujuan untuk menikah. kami berpacaran dari sama2 mahasiswa, pacar saya sudah lulus dan meniti karir. saya masi kuliah. dia selalu memotivasi saya untuk segera lulus dan cari kerja. saya sudah dikenalkan ke orang tuanya dan keluarga besar nya. begitu pula sama dengan saya. yang belum hanya mempertemukan ke2 orang tua kami. hubungan kami terlalu dekat jadi kemungkinan selama 3 tahun ini kamu melakukan hubugan suami istri sebelum menikah. selama berpacaran saya dan pasangan tidak pernah berantem hebat, sedikit konflik kami selesaikan baik2 dan berbicara. dan selama ini saya berdua merasa cocok2 saja. selalu berkomunikasi lewat telepon setiap malam. walaupun saya dari pihak wanita merasa bersalah akan hubungan intim dan berbicara pada pacar saya, dia tetap masi melanjutkanya dan saya jadi nurut saja dan kadang saya juga menikmatinya, walaupun tetap ada perasaan bersalah. kami ber2 sama2 melakukanya per1 kalinya. saya sayang sama pacar saya apa adanya dia, dari kekurangannya hingga kelemahanya nya. seiiring berjalanya waktu, saya dan pacar saya mengalami namanya kejenuhan dalam hubungan ini. saya merasa ragu untuk bersama nya, dan memiliki perasaan hambar, walaupun masi sayang. sedangkan pacar saya hanya bilang bosan. saya nanya, mau dibetulin gk? dia pernah bilang gimana kalo break dulu? (saya abaikan) saya nanya kenapa? jarang ketemu? mungkin. gk berhubungan lagi? mungkin (2bulan kami tidak melakukan hub itu) sifat malas saya? bisa jadi. yasudah, saya ajak pergi tamasya bersama keluarga, dia bilang ia ikud klo skripsi kamu uda selesai. tp skripsi saya belum selesai. tp menurut saya dia sudah tau. dan memang dia gk mau ikud. yasudah pulang dari tamasya, dia 2 bulan trakir, males kerumah saya bilang cape, gk ada duid, hemat. gk jalan2 juga ke mall. (karna memang dia sedang membayar dp apartemen buat kita berdua tinggal) sebelum dia bilang bosen. jadi dp apartemen maret. april-mei bosan. dia jarang ngabarin keberadaan dia, kecuali saya yg nanya. nelfon saya perlu disuruh. seperti sudah ogah2an pacaran sama saya. karna saya jg lagi jenuh, dan sibuk urusin skripsi mungkin dalam 2 bulan ini saya tidak memperhatikan dia. akhirnya pada suatu hari, saya kesel sama dia, dia gk nyari saya sama sekali. saya datengin. nanya mau lanjut /gk si? dia bilang break dulu gimana? saya nanya break itu apa? (karna menurut saya break = putus) emang gk mau dibetulin? dia nanya betulin kya gimana? saya jawab: kamu cukup kabarin aku, kamu brangkat kerja. lagi sibuk kerja, sama pulang kantor. saya kasi dia berpikir sebentar, dia tetep jawab. “gak dulu de” saya sebel dan kecewa karna dia gk mau pertahanin hubungan yg kita bangun selama ini. jadi saya jawab “yauda” dia peluk saya, dan dia nangis. (saya baru liad ini ke2 x nya dia nangis di depan saya) dia bilang “cape, kerja disini, pusing sama bayaran apartemen dan hutang bank keluarganya, dia bilang tunggu saya selsain apartemen dan kerjaan nya ya” sambil terisak. saya usap air matanya dan berusah terlihat tegar didepannya. dia bilang mau brenti kerja. saya nanya, mau kerja apa? gk tau, yg pasti gk mau disini lagi. yauda saya masi kesel sama keputusan dia saya bilang “gk usa tunggu2an d” kita kissing lagi, trakir. yauda pulang saya diantar sampai ke halte. dia pergi kerja. begitu saya sampe rumah saya bbm, uda sampe rumah. kamu uda di kantor kan? karna saya takud knp2 jg, dia kan nyetir motor. ia uda. saya ada delete bbm dia, dia add saya lagi. yasudah, malamnya dia nelfon temenin saya. saya bilang sambil nangis, kamu jangan nelfon lagi, klo gk gimana saya bisa lupain kamu? dia bilang brarti kamu masi belum rela kan. saya diem aja. trus dia pergi tidur di telpon itu. besok nya, saya ada nitip dia print. saya sebel masi inget yg dia gk mau pertahankan saya. print nan nya gk usa d. dia cuma bales “yauda” saya kesel jadi saya bilang saya mau delete dia dari bbm. temen2nya , keluarga, fb, twitter. dia bales “terserah” saya sebel saya delete dia dr bbm dia. sama temen nya yg cewe 1 kantor sama dia, saya kenal dia. dikenalin jadi client saya. soalnya ni cewe suka majang foto sama cowo saya. setiap saya nanya ke cowo saya, ko ngerangkul2 seh? di pundak. cowo saya bilang, cuma gitu doang ko. sama kejadian hari putus dia pasang foto lagi ber3, saya nanya ngapain nih dia majang2, disuruh bos. yakin kamu gk ada apa2? ia, cuma temen aja. untuk info, cewe ini sering ikud nebeng pulang cowo saya. (saya uda bilang jgn sering2) karna cowo saya selalu cerita, saya bener2 percaya gk ada apa2. karna dia selalu laporan, cewe ini nebeng, cewe ini nitip barang dirumah. dulu nya cowo saya benci banget sama cewe ini, karna merintah2 orang kya pembantu gt, gk menghargai orang lain. cowo saya sebel jd dia cuekin nih cewe. saya sebel dr pacaran, cewe ini suka manggil beb ke cowo saya, saya bilang sama cowo saya jgn di tanggepin. jgn bales beb jg. tp saya perna liad dia jg nanggepin nya beb jg. trus saya bilang masa saya disamain. abis nya ni orang kl gk dipanggil gitu gk mau nengok! yauda, hari jumat malam saya yg add lagi cowo saya, tp gk di approve. lalu saya message pin, dia bilang buat apa di approve buat di delete lagi. trus yauda saya dari situ cecer terus dengan pertanyaan2. (dia lg otw ke bandung) saya telpon gk diangkat, begitu pake nomor yg lain di angkat. saya nanya kamu ke otw ke bandung? ia. sama sepupu kamu? ia. kamu add aku lg dong. sama jawab pertanyaan aku. dia kaya uda rada males ngomong gitu. akhirnya saya message pertanyaan? kok kamu bisa kaya gini sih? bisa berubah gitu cepat. (jd kya gk mau diganggu gitu) bla2. banyak de. akhirnya malam itu jg dia nelpon saya. males bales nya kebanyakan. ia kamu kok kya gini. ia, rasanya uda brubah. gk sama lagi. kamu sama cewe itu gk ada apa2? iaa. kamu mau punya pacar baru lg? semua orang harus move on. (saya sedih bgt sama jawabanya), soal kissing? maap de, ya bener2 maap. soal nangis? dia gk mau bahas. dia trakir cuma bilang ini tlpon trakir x aku. besok pagi nya saya sms lagi baik2, kamu hari ini pake jas pasti ganteng ya. semangat. lalu dia bales. tolong jangan ganggu aku lagi selamanya, kecuali aku yang cari kamu, kalo waktunya tepat. please ngertiin aku! ini semua demi kebaikan kita ber2. akhirnya saya kasi dia waktu, hari ke 5 saya langsung samperin. karna saya takud sms gk di bales / ato tlpon gk diangkat. saya ketok2, gk di buka2. kya na belum bangun. akhirnya dia buka jg. dia kaget jg ngeliad saya. dia nanya kenapa? nih aku bawa makanan, “gk”. aku mau ngobrol, ngobrol di depan aja. emang ada siapa? gk ada siapa2. saya maksa masuk dan jatuh. pas bangun saya kaget juga ada cewe kantor dia itu nginap. saya langsung nanya, ngapain disini? dia cuma diam dan nyakar saya. lalu dia pergi keluar, ngerokok karna stress. saya nanya sama cowo saya, ngapain kamu????? kamu tidur sama dia? enggak, dia migrain jd numpang nginep. aku aja yg 4,5 thn gk pernah nginep. dia skrang pacar aku. aku uda suka dari 2bulan lalu. klo gk percaya nanya aja sepupu aku, cewe itu jg ikud kebandung, mau ketemu temennya. (saya mikir ngapain + kasi tau) ko secepat ini sih? dia bilang gk secepat itu jg. dia minta maaf sih. saya nampar dia, dia masih yg bisa bersifat manjaa di depan saya, sakittt… bilang gitu dia. uda ya, kamu pulang nanti aku jelasin. dia kya ketakutan, hubungannya sma cwe ini jd gk jadi. cowo ku bilang dia ada minjem duid ni cewe buat bayar apartemen itu jg, trus aku bilang masalah duid? aku bisa nyariin klo kamu mau! kamu mau minta apa aku jg kasih. trus aku nemuin boneka aku uda dibuang. foto di dompet di robek. saya nanya siapa yg buang? cewe itu. trus kamu gk ambil lg? waktu mau ambil lagi uda gk ada. aku nanya, aku gk seberharga itu kah dimata kamu? berharga. ko nurut aja? kamu tau aku lah (setau aku emang dia gk nurut2 amad) tp saya jd bingung dia bs nurut bgt sama tu cewe. (karna uang kah?) trus akirnya dia bilang, kl kamu mau hubungan yg baik di masa depan, jgn bilang sama ortu kamu mslh ini. saya jg minta dia janji, gk macem2 sama cewe itu. (dia bilang ia) saya nanya dia, saya crita ke mama kamu ya? dia bilang ia (karna saya bingung bgt sama situasi ini) akirnya saya pulang saya tlpn mamanya ttg masalah ketemu cewe itu dan semua hub saya sama pacar saya. anaknya bilang sama mamanya, gk pacaran ko ma. ngapain cewe itu? migrain ma. gk usa nginep2. lah, ia ma , maap. dia nelpon saya, kamu bilang apa sama mama? saya crita aja semua. dia bilang ortu saya kan sudah tua. abis saya gk tau lg mau crita ke siapa. saya pusing. lalu dia bilang jgn ganggu saya dulu ya, tp saya masi nyari gitu. saya merasa dia menggantungi saya. saya merasa dia masi mau balik sama saya.. begitu saya mau pindah dr jakarta, dia bilang kabarin mama/ dd, supaya aku tau kamu diman, jaga diri bae2. saya tetep pdkt, saya kirim makanan kekantor nya nitipin satpam, cewe itu marah. dia nelpn saya, nanti kl ada sms nyakitin hati, jgn dimasukin hati ya. ia, ada sms masuk. dia bilang nasi nya di buang, gw uda enek sama lu. jangan ganggu lg. saya cuma bilang ia, TUA. karna dia lbh tua 4 thn dr cowo saya. (30thn) padahal dimakan nasinya, karna saya tau cowo saya gk pernah buang2 makanan. dia masi bales sms saya, bilang jgn sms dulu, please? ada apa lg? aku bilang aku masi gk bisa kehilangan kamu. ayu pulang cepetan, jgn pergi lama2. dia bilang aku gk kemana2. kenapa kamu tega bgt sama aku? ia maap. emang uda gk ada rasa lg? kl aku masi nyuruh kamu nyelsain skripsi brarti apa? gitu… trus aku crita, kamu mau aku ngerokok jg? biar kamu seneng? ih, lu begitu + enek gw. abis kamu bs suka sama dia. dia bilang udaan ya, mau tidur. abis nelpon itu. trus saya lupa brapa hari abis itu saya nyamperin, saya minta. please, kasi aku 1 x kesempatan. sama saya tulis surat rasa saya yg saya pendam selama gk nyari dia. saya peluk dia, dia bilang sana. sebentar 10detik. dia ngitungin gt. saya denger jantung nya masi berdetak kencang. waktu saya peluk dia gk peluk saya balik, dia cuma nepuk2 saya aja. dia bilang ayo, kamu selsain skripsi, cari kerja. kamu jd jerawatan gini? ia aku stress. aku jg kurusan loh (2kg) dia bilang belom ah. dia bilang ayo rawat diri. dia bilang dia mesti jemput cewe itu. dia bilang, jgn sms aku ya. jgn kirim2 nasi lagi. trus aku nanya, barang2 yg aku selamatin sebelum di buang waktu itu gimana? simpen aja, buat apa kamu gk balik lg. dia kya antara jwb ia dan gk, dia bilang balik. sorenya saya whatsapp dia, karna gk bs bbm. pulsa jg lg abis. saya nanya kita ketemu konselor yuk masalah kita ber 2. aku gk bisa nahan ini semua. dia gk bales. malemnya dia nelpon marah! kamu jgn ganggu aku lg, aku mau bilang si sebenernya uda gk ada rasa lagi sama kamu. urusan kamu masalah kamu sendiri, jgn ikud campur masalah aku lg. cewe nya lg ngambek, ngilang entah kemana, cowo aku crita, skrang aku mau cari dia dulu, kl dia angkat telpon aku. aku gk mau dia kenapa2. kl aku ganti foto di whatsapp kamu kasi selamat kek, bilang uda rela kek. ato gk aku gk pake whatsapp lg. semua orang jd tau dong? biarin gpp. aku bakal bantuin kamu nempuh ujian (ky kasi semangat gt) karna aku sebelumnya minta kamu temenin aku sampe agustus aja d, abis itu kamu mau balik lg sama jg gpp. tp kan dia gk mau. malah dia sempet bilang, aku agustus jg bakal keluar ko paling lama november. dia bilang gitu. cewe nya jg uda tau dia mau keluar kantor. aku bilang, inget janji kamu? apa lagi? jangan macem2? dia kya gk ngeladenin, dan males nanggepin yg soal ini. (tapi dia gk ganti fotonya tuh, dia milih gk pake whatsapp lg) tp namanya pacar uda lama kawatir ya, dia gimana semalem akhirnya? jd bsk nya jam 7 malam aku sms lg. kamu gimana sama cewe itu? uda baean? aku bakal nungguin kamu sampe urusan kamu selesai. dia nelpn marah2, kata2 kasar, semua binatang keluar, saya bilang sabar2. dia diem 2 detik, trus ngomong kasar lg. dia bilang gw gk bakal balikan sama lu lg. surat gw buang gk gw baca! yauda , saya langsung telpon mamanya kya ngadu jg, skalian curhat jg. mamanya bilang mungkin ada cewe itu x. soalnya td bilang lg mau pergi beli baju. dari situ hubungan kami gk baik lg, yg td nya dia janji mau temenin ujian, akirnya dia gk mau lg. dia uda gk bales sms saya. permintaan maaf saya sudah dihiraukan. pernyataan cinta saya yg mendalam jg di abaikan. sampe semalam saya, gk bisa ujian saya. karna ms gk bisa konsen 100% sama ujian saya. saya jd gk mampu berthan untuk gk sms lg. saya bilang saya mau mati aja, saya gk sanggup hidup tanpa kamu, kamu suka kan aku mati? gk di bales. saya kaya orang gila disitu, dr keluar kelas nyari jemputan nangis2, sampe sempet jd tontonan. untung saya ditemuin ade saya. soalnya saya uda gk bisa mikir apa2. uda kalut sama masalah pacar, ujian pula yg masa depan saya. saya lanjuti sms nya, saya kurang apa? saya selalu temenin kamu kemana aj, saya bisa masak buat kamu, saya nurutin semua kemauan kamu. emang saya kurang sempurna apa? aku tulus mencitai kamu apa adanya kamu, dari kekurangan mu hingga kelemahan mu, aku sayang kamu selamanya. aku mencintai kamu dengan segenap jiwaku, hatiku, pikiran ku. aku berdoa kepada Tuhan, untuk mempersatukan jalan kita lagi. dia gk bales. bsk pagi nya saya masi agak kalut gara2 semalem saya sms lg, aku bilang “aku butuh kamu, untuk menjalanin kehidupan selanjutnya. aku sms please angkat telpon aku. aku bilang aku sayang bgt sama kamu, gk bs hidup tanpa kamu, aku minta maaf atas semua kesalahan aku. dia bales, mati aja lu, gw muak sama lo, jangan pernah ganggu hidup gw lagi!!! (pagi2 jam 7, masa uda ada cewe itu?) saya beles, klo kamu aku mati, aku akan coba untuk mati. lalu saya kirim lg, ya tuhan ampuni kamu, karna kamu lg buta. Tuhan lindungi dia dimana pun dia berada. karna saya mengasihi dia. apakah hubungan yang seperti ini tidak bisa di kebalikan? atau dipulihkan? kejadian putus 1 bulan sudah, dan dia bisa jadi benci sama saya, karna saya nyari2 dia terus. kalaupun saya gk nyari2 dia, apakah dia akan merasa kehilangan? brapa lama waktu yg dibutuhkan bagi kaum pria? benarkah dia sudah tidak ada perasaan sama sekali? memang hubungan yg dalam seperti ini, bisa hilang begitu saja bagi pria yg memang tdnya serius sama kita? apa yg saya harus lakukan? dia kaya gk rela nyakitin saya, tp akhirnya nyakitin saya. apa karna di depan cewe itu jd nyakitin saya. semua bilang saya harus move on, sedangkan saya merasa yakin, bahwa saya mau hidup sama dia sampai tua. (mreka jg gk tau saya sudah hubungan intim) minta tolong dong pendapatnya. boleh jg kl kirim email langsung. soalnya panjang bgt. dan gk enak kya na pribadi bgt y? jujur saya stres bgt masalah ini.

Mahasiswa (25)

Dear Melody

Saat membaca tulisanmu, saya jadi ikutan sedih dengan kebingunganmu. Jangan berpikir untuk mengakhiri hidup hanya karena kamu punya masalah yg terasa berat olehmu. Mengakhiri kehidupan suatu dosa besar, jangan menambah deretan dosa lagi sayang… Dekatkan dirimu kepada Tuhan, dan mintalah bimbingannya buat hati dan pikiranmu. Jangan menjauh dariNya.

Kamu beruntung memiliki sahabat atau orang-orang yang dekat denganmu, yang memberi semangat untuk bangkit dan melanjutkan perjalanan hidupmu. Jalan hidup itu tidak selamanya mulus sayang, hidup ini perlu diperjuangkan. Melihat apa yang terjadi sekarang, bangkitlah dari keterpurukkan. Pertama, Minta ampunlah kepada Tuhan, atas apa yang telah terjadi. Lalu orang tua dan saudara yg sangat mengkhawatirkan keadaanmu. Kedua, selesaikan tugas akhir kuliahmu. Ini untuk masa depanmu, tugasmu dan sebagai bentuk rasa hormatmu pada orang tua (suatu kebanggan bagi org tua loh, kalau kamu lulus kuliah). Ketiga, menjawab keenam jawaban darimu itu.. saya percaya kamu sangat mencintainya, tapi saya berharap ini bukan karena kamu telah terlanjur berhubungan intim dengannya. Jika cinta itu ada sebelumnya, hal ini akan ada dalam memori seseorang selamanya. Bukan hilang tapi sudah tersimpan dlm kotak memori dan kemudian akan terkubur. Tingalkan masa lalu, ada baiknya kamu memaafkan dirimu dan dia, lalu berjalanlah ke masa depanmu, Melody.

Rawat dirimu, perluas wawasan, perluas pergaulan dan bangun kepercayaan diri yang positif. Masalah jodoh ada ditangan Tuhan, mendo’akan orang yg kita sayangi tak ada salahnya. Kalaupun kelak kalian berjodoh ataupun tidak, ambil hikmahnya.

Melody sayang, hidup bukan hanya soal pilihan, tapi bagaimana bertanggung jawab dan menerima atas pilihan yang kita ambil. Jangan putus asa ya…

Konselor

Hasan M. PutriHasan M. Putri

Hasan M. Putri., S.Psi. saat ini sedang mengambil S2 magister profesi psikologi pendidikan di Universitas Islam Indonesia. lahir dan menetap di pekanbaru. konselor PAUD disalah satu kota Payakumbuh, Sumatera Barat dan konselor di beberapa SD swasta di Pekanbaru.

Leave a Reply

5 Comments on "Bingung Setelah Putus Cinta"

avatar
neno
Guest

semangat ya melody……mainkan nadanya biar rilex……..

kukuhsyantoso
Guest

tambah pusing klo baca crita orang lain…….

emang kita hidup di dunia ini enggak sendiri…..
tapi klo kita sampek kenal xng namanya pacaran pastilah kita menutup hati kita buat orang lain….
padahal belum tentu pacar kita adalah jodoh kita…..

pusing nya lg….
klo nyari pacar ngak dapet dapet…..

intan
Guest

Laki2 cenderung merasa bosan jika dikejar..karna mereka suka tantangan.coba tahan diri mba jangn hubungi dy lg…yg sabar ya mba..you to love yourself first

Mugi Munteng
Guest

Makanya jangan berhubungan intim dulu sebelum menikah..

kukuhsyantoso
Guest

brow… punya agama apa brow…

loading...
supportbawah
logobawah

Disclaimer

konsultasi-icon

Konseling terbaik adalah dengan melakukan konseling langsung (tatap muka), konseling melalui email memiliki banyak kekurangan, kekurangan tersebut menjadi pertimbangan dari bias permasalahan yang oleh klien. Jawaban konselor tidak menjamin gambaran keseluruhan permasalahan yang dihadapi oleh klien karena keterbatasan halaman.

Categories

Konsultasi Terbaru

logobawah

 

 

artikel198 Post comment 313 Diskusi facebook 821 Likes tweet 47 Follower

Sebelum mengirim konsultasi sebaiknya melakukan pencarian pokok permasalahan yang sudah dibahas terlebih dahulu. Pikirdong tidak akan membahas atau menjawab konsultasi yang pernah dibahas. Terimakasih