Istri Menuduh Selingkuh

Terima kasih, salam kenal semua, Saya Rn umur 30 th, di suatu saat ketika saya sedang mengalami musibah, istri saya…

18 Dec 2014 Konsultasi Pernikahan dan Keluarga adminpd No comments

Mencintai Pacar Teman

Asalamualaikum ... saya DA, saya ingin bercerita sedikit tentag masalah yang saya hadapi, belum lama saya baru putus dengan pasangan…

16 Oct 2014 Konsultasi Cinta adminpd No comments

Suami Tidak Memberikan Penghasilan Penuhnya

As, salam kenal bu Maaf sebelumnya..saya menikah kurang lebih 2,5 th yang lalu. anak umur 1,5 thn. Ketika menikah sya…

16 Oct 2014 Konsultasi Pernikahan dan Keluarga adminpd Comments (2)

Orangtua Mata Duitan

Pagi... Saya mau tanya bagaima sikap yg sebaiknya menghadapi orang tua yg terlalu mata duitan, terkadang saya bingung menghadapi mereka…

16 Oct 2014 Konsultasi Pernikahan dan Keluarga adminpd No comments

Ingin Tetap Berhubungan Meski Pacar Sudah Menikah

Assalamualaikum wr.wb. mba saya ingin konseling. 4 tahun yang lalu saya mendapat kenalan waktu saya mudik ke aceh dan kami…

08 Oct 2014 Konsultasi Cinta adminpd No comments

Ranking Pertama Takut Dijauhi Teman

Assalamua'laikum, selamat sore. Maaf menggangu waktu anda. Beberapa minggu ini, saya selalu merasakan kegelisahan dan sering emosi jika berbicara. Maaf ya…

02 Jul 2014 Konsultasi Remaja adminpd Comments (1)

Suami TidaK Menafkahi

Assalamualiakum... Ibu Dewi saya seorang karyawan berusia 31 tahun, saya punya masalah dengan sikap suami saya yang terkesan kurang bertanggung…

02 Jul 2014 Konsultasi Pernikahan dan Keluarga adminpd Comments (3)

Tertekan dengan Keluarga Suami

Ass, bu Dewi saya seorang ibu dengan 1 anak laki2 usia 2 tahun, saya menikah sdh 6 tahun tapi selama minikah…

02 Jul 2014 Konsultasi Pernikahan dan Keluarga adminpd Comments (1)

Anak Trauma di Kamar Mandi

Ibu, saat ini anak saya perempuan 10 tahun mengalami ketakutan karena pengalamannya bulan yang lalu menyaksikan shower box pecah, mengenai…

09 Jun 2014 Konsultasi Anak adminpd No comments

Marah Tidak Terkendali

Saya mahasiswi semester 2 perguruan tinggi negeri di Depok. Saya punya beberapa masalah yg sedikit-banyak mengganggu benak saya. Entah sejak…

05 Jun 2014 Konsultasi Kepribadian adminpd No comments

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
bannertop

Merasa Hampa dalam Menjalin Persahabatan

Selamat pagi ibu/bpk, saya mau bercerita tentang apa yang saya alami, sebagai seorang psikolog profesional semoga ibu/bpk bisa memberikan solusi atas masalah saya ini. Entah apa yang ada diperasaan saya 3 bulan terakhir ini, sehingga setiap kali saya merasakan hal ini seketika badan saya nyeri dan hangat. dulu saya merasa orang terbaik walaupun begitu perasaan rendah hati karena merasa terbaik muncul dg sendirinya karena cita-cita saya besar dan mulia. saya seorang mahasiswi biasa yang bekerja sambilan sebagai penari, disaat teman teman saya mempunyai ini itu saya memilih sederhana bahagia dengan hidup saya, dulu saya senang ketika orang meremehkan justru dalam hati saya bisa dengan mudah mengalahkan orang tersebut.

Saya tahu semakin orang2 meremehkan saya, saya lebih baik dari mereka. Dulu walaupun saya yang terbaik daripada teman-teman saya (menang juara,dapat uang yang lebih besar, banyak fans), tapi saya hidup sederhana. saya tinggal di kos yang amat kecil, berbeda dengan mereka. teman dikampus saya hanya sedikit tapi saya pekerja keras. Sehingga dalam organisasi mereka sering menjauhi tanpa sebab meskipun saya selalu berbuat baik kepada mereka. Mereka iri dengan saya, tapi saya senang mereka iri. Saya dulu bukan apa-apa, hanyalah seorang pemimpi yang selalu percaya akan mimpi-mimpi besarnya.

Sekarang mimpi-mimpi itu terwujud, saya tinggal di apartemen mewah, bulan kemarin saya ke Paris (kota yang menjadi impianku sejak dulu) Jerman, Belgia dll, semua hal yang dulu saya impikan, dan passion saya sejak dulu saya dapat kan begitu saja. tapi entah kenapa, saya merasa ketika semua ini terwujud saya tidak sebahagia dulu ketika saya mengejar nya. Orang yang dulu mencemooh saya, mereka jadi berubah baik kepada saya. Saya justru iri dengan teman-teman dekat saya sekarang, (padahal dulu saya yang diiriin) mereka bahagia padahal level achievementnya dibawah saya. Saya merindukan diri saya yang dulu sangat amat berhasrat ketika mengejar mimpi dan mencintai apa yang saya dapat. saya rindu diri saya yang mencintai apa yg saya miliki walau tidak punya apa-apa, saya rindu diri saya yang bahagia karena tau akan mengalahkan orang yang meremehkan saya.

Sekarang memang saya jauh lebih tinggi diatas mereka. harusnya saya bahagia…… harusnya……. Tapi yang saya tahu dunia berputar, seperti apa yang selalu terjadi kepada saya. (kadang kita diatas dan dibawah) Saya iri melihat teman-teman saya, mungkin saja suatu saat dia akan lebih sukses dari saya. Saya takut… Saya takut melihat mereka mengalahkan saya nantinya Saya tidak bahagia.

Meskipun apa yang saya impikan sekarang menjadi nyata dan akhir tahun ini mimpi besar saya selanjutnya akan menjadi nyata (lagi), yaitu ke New York. Hal yg dulu saya puja dan saya ceritakan. tapi justru saya tidak punya passion lagi, saya tidak berhasrat lagi, saya bosan tapi saya tidak percaya karena itu adl hal yg mnjadi tujuan saya sejak awal Apakah ini? Saya tidak lagi damai atas apa yang saya peroleh, Saya jadi sulit berempati dengan orang lain, Saya jadi sulit memberi, Saya binggung antara ingin sombong kepada orang-orang yang meremehkan saya (agar mereka tau rasa), ingin mencapai lebih, ingin bersyukur, ingin mulai dari bawah atau seperti apa? semuanya tidak membuat saya bahagia, saya membaca buku motivasi tapi malah membuat saya muak (padahal dulu senang membaca buku motivasi) Hubungan saya dengan pak donny, marco orang yang saya anggap hebat tidak seperti dulu lagi.

Saya tidak menarik mereka lagi, semesta tidak membiarkan perasaan kami terikat seperti dulu.Kami semakin jauh, walaupun dekatpun rasanya sudah tidak ada chemistry lagi dengan orang hebat itu. Kenyataanya sekarang: Kami menjadi dua orang yang berbeda… atau saya yang berbeda… yang jelas setiap kali perasaan itu muncul, hati saya tidak damai dan badan seketika lemas dan hangat, kepalaku pusing tanpa sebab. Hati saya tidak lagi damai dengan orang disekitar. Saya anggap mereka lebih bahagia daripada saya..Sekarang saya jarang berdoa, karena lebih percaya diri sendiri daripada Tuhan. Sulit akal saya menerima Tuhan saat ini atas apa yang saya raih. Apa yang harus saya lakukan… terhadap semua ini, tidakkah seharusnya saya bahagia terhadap apa yang saya dapat.. Sayangnya tidak…

Mahasiswi (22 tahun)

Salam Adinda

Saya sangat salut dengan prestasi Adinda, prestasi Anda merupakan impian banyak orang di seluruh dunia yakni mengeliling dunia atau setidaknya sekali dalam usia muda berpergian keluar negeri. Bersyukurlah di usia Anda yang masih 22 tahun Anda telah melakukan tugas tersebut.

Perubahan yang terjadi dalam hidup Adinda merupakan suatu proses dari sikap dan perilaku termasuk mind set yang Adinda tanamkan dalam menghadapi kehidupan, Adinda bekerja keras untuk mencapai prestasi yang baik, tidak cengeng dalam menghadapi pelbagai persoalan hidup, dan selalu ingin berada di top position dari teman-teman Adinda. Prinsip inilah menjadi bentuk motif baik disadari atau tidak dalam diri Adinda dalam menyikapi permasalahan sehari-hari.

Berdasarkan cerita Adinda, bahwa Adinda sangat menyukai hal-hal yang bersifat kompetitif, hal ini saya baca di beberapa paragraf yang Adinda ceritakan di atas. Adinda merasa puas bila dapat mengalahkan teman-teman, akibatnya Adinda akan terus berusaha tidak dikalahkan atau berada di bawah level achievement yang Adinda ceritakan sebelumnya. Dengan adanya keinginan kuat seperti inilah kadang tanpa disadari pikiran-pikiran kompetitif itu tadi mencuat keluar dalam sikap dan tindakan keseharian. Inilah barangkali membuat beberapa teman menyebut Adinda sombong.

Ketika kita berada dalam lingkungan atau kelas yang lebih tinggi, tentu kompetisi pada lingkungan sebelumnya kita berada akan menurun. Artinya, bila dalam persahabatan itu didasari oleh kompetitif maka kita akan terus diburu oleh sikap untuk merasa lebih tinggi dari orang lain, meskipun didasari oleh bukti-bukti kemampuan kita yang lebih “high” dari orang lain sekalipun. Bila tingkat persaingan itu sendiri menurun tanpa lawan yang seimbang maka kita akan mencapai jenuh, bosan dan lalai. Bagi beberapa orang akan terus mencari tingkat kompetitif yang lebih tinggi lagi. Sementara, dalam pergaulan keseharian kebutuhan achievement bukanlah hal yang sangat penting, melainkan altruistik. Inilah kebutuhan sejati dari sebuah persahabatan sebagai salah satu cara dalam bersosialisasi dengan sukses.

Bila seseorang telah menemukan kebutuhan altruistik ini maka hakikat dari manusia itu akan terangkat dengan sendirinya, maka semakin tingkat sosialitanya maka semakin rendah dirilah orang tersebut, low profile merupakan gambaran umum yang paling dikenal orang. Dalam beberapa buku karangan pakar relationship dapat menjadi renungan menarik:

1) Dalam bergaul setiap orang akan berbicara tentang dirinya, siapa pun akan mudah berbicara tentang dirinya sendiri namun sangat sedikit mempunyai kemampuan mendengarkan.

2) Setiap orang ingin dipuji namun sangat sedikit mempunyai kemampuan memuji dengan tulus disertai dengan penghargaan (respek)

3) Setiap orang mempunyai masalah masing-masing, mereka kadang berdiri dihadapan Anda dengan pelbagai permasalahan yang kompleks yang terus menjadi beban pikirannya setiap saat, jadi tidak perlu berkeluh kesah di depan orang ramai.

4) Setip orang memiliki permasalahan dan problem solving yang berbeda-beda, namun sangat sedikit ada orang yang mampu berempati.

5) Ketika dihadapkan dalam persoalan akan banyak orang yang menaruh simpati, akan tetapi hanya segelintir orang yang mau berdiri disamping Anda sampai masalah itu berlalu.

Semoga dapat membantu Adinda dalam meningkatkan relationship bersama rekan dan teman.

Konselor :

ayedSayed Muhammad adalah lulusan psikologi Universitas Islam Indonesia, ia adalah perintis dan penulis tetap di website ini. Beberapa pengalamannya pernah mengajar di STAIN Malikussaleh untuk bidang studi psikologi pendidikan

2 Comments

  1. indah Reply

    selamat pagi, saya mau konsultasi mengenai masalah kepribadian..saya kesulitan untuk bergaul dengan orang lain..dan saya cenderung susah mendapatkan teman..sampai sekarang saya berumur 25th saya bahkan tidak mempunyai teman yang benar-benar dekat..mengapa saya sukar sekali mendapatkan teman..apa yang harus saya lalukan agar disukai banyak teman..saya bosan sendiri tanpa punya teman dan sahabat..mohon bantuannya, terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


bannerbottom

Pikirdong

logobawah
© Copyright 2007 wWw.Pikirdong.Org
Blogging bareng cerita psikologi.
Bergabung bersama kami berbagi cerita

Bergabung bersama Pikirdong, berbagi bersama kami menulis untuk kebaikan, kumpulan artikel - berbagi cerita psikologi. Sumbang Artikel!

Disclaimer

konsultasi-icon

Konseling terbaik adalah dengan melakukan konseling langsung (tatap muka), konseling melalui email memiliki banyak kekurangan, kekurangan tersebut menjadi pertimbangan dari bias permasalahan yang oleh klien. Jawaban konselor tidak menjamin gambaran keseluruhan permasalahan yang dihadapi oleh klien karena keterbatasan halaman.